Menulis Buku ajar
Resume ke-19
Gelombang 28
Tema Menulis Buku ajar
Nara sumber Dr.Mudafiatun Isriyah,M.Pd.
Berbicara tentang buku ajar,ini merupakan pedoman pembelajaran /pegangan sebagai seorang pendidik.Tanpa buku ajar sudah bisa dipastikan apa yang diajarkan hanya sekedarnya saja atau asal-asalan.Sementara dalam suatu lembaga pendidikan pastinya ada kurikulum sebagai acuan.Dan pengembangannya itulah yang dinamakan bahan ajar.
A.BAHAN AJAR
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar.Bahan ajar dapat berupa bahan tertiulis atau pun tudak tertulis.
Bahan ajar juga merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasanan yang memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan baik dan tentunya mennyenangkan.
Buku ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas,digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen &Purwabnto,2001)
B. BENTUK -BENTUK BAHAN AJAR
- Bahan ajar cetak
- Buku teks,buku referensi dan monograf,bahan ajar mandiri( modul) bahan ajar panduan(petunjuk/pedoman) Atlas(peta ) Diagram( poster) Brosur(leaflet)
2. Bahan ajar non cetak
- Internet (Web Based Courses) (e-learning)
- CAI /Pembelajaran berbantuan komputer:Slide,Vudeo,TV/Aidio/Radio
C. MENGAPA BUKU AJAR PENTING DALAM PEMBELAJARAN?
- Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada suswa /mahasiswa
- Siswa dapat berlajar sekalipun tidak ada guru
- Siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja
- Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
- Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
D.TRILOGI PEMBELAJARAN
Dalam KBM ada 3 hal yangtidak bisa terpisahkan dan saling terkait satu sama lain yaitu:
- Tujuan,segala sesuatu yang kita lakukan hendaknya mempunyai tujuan yang jelas sehingga ada target dalam pelaksanannya
- Strategi,ini sangat diperlukan bagaimana upaya untuk mencapai tujuan diperlukan strategi pencapaiannya
- Penilaian merupakan upaya untuk merefleksi diri,sejauh mana tujuan itu kita capai
Syarat minimal pembelajaran adalah ada siswa/mahasiswa,materi dan guru/dosen.Seorang guru memiliki kepentingan untuk menenuhi kebutuhan dalam mengajar yaitu dengan menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran yang kita ampu.
E.KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN
Ada beberapa keuntungan yang didapat dengan adanya buku ajar diantaranya adalah;
- Promosi untuk kenaikan jabatan dan pangkat
- Untuk mendapatksan insentif
- Bisa juga untuk mendapatkan finansial/royalti
- Sebagai bukti eksistensi diri
- Merpakan media ekspresi
- Senagai branding personal dan institusi
- Merupakan penguatan keilmuan
Guru merupakan agen aktivitas pembelajaran.Jadi guru mempunyai peran penting untuk menstrafer ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan siswa itu sendiri untuk pencapaian nilai pembelajaran yang bermakna.
F.BAGAIMANA TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN?
Guru adalah peneliti dan pembelajar.Pengalaman dan kurikulum sebagai pegangan kita dalam menulis buku ajar.Guru harus mampu mendesain rencana pembelajaran atau silabus sebagai langkah awalnya.Sebagai peneliti paling tidak akan menghasilakan buku referensi,monograf,artikrl ilmiah
G.JENIS JENIS BUKU AJAR
Jenis -jenis buku ajar dapat dibedakan antara lain
- Buku ajar
- Buku moodul
- Petunjuk pratikum
- Naskah tutuorial
Sedangkan hasil dari sebuah penelitian maka berupa:
- Buku referensi
- Monograf
H. PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
1. Prinsip revelansi
Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
2. Prinsip konsistensi
Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3. Prinsip kecukupan
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
I.PERBEDAAN BUKU AJAR DAN BUKU TEKS
Buku Ajar pada umumnya:
1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhsahasiswa
3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman.
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
Buku Teks pada umumnya:
1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun secara linier.
4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum tentu ada rangkuman.
7. Materi buku teks sangat
8. Dikemas untuk dijual secara umum.
9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.
10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
J. CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR
1. PENATAAN INFORMASI (compilation text)
Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun
2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)
Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS
3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch)
Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu
Ada istilah: PROSEDUR KOMPILASI
Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.
4.Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
5.Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.
Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan
Kajian/BAB.
6. Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk
setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk
dibagi kepada mahasiswa).
7. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa
untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.
K.PROSEDUR PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI
Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:
Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai.
Petunjuk belajar bagi mahasiswa.
Latihan.
Ringkasan.
Umpan balik.
Evaluasi formatif.
L.PERTIMBANGAN PENULISAN BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN (MENULIS SENDIRI) ????
- Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu).
- Guru mempunyai kemampuan menulis.
- Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.
- Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran M.SISTEMATIKA BUKU AJAR
Biasanya tergantung dari penerbit juga , tetapi kita sebagai seorang guru juga memiliki kesiapan untuk menata outline buku kita sendiri yaitu:
1.BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai (glossary)
Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata
֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa
֍ Identitas Mata Kuliah
֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar
֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa
֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah
2. BAB I
Kemampuan Akhir
Indikator
Pendahuluan, terdiri dari:
֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang
cakupan bab tersebut.
֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman
yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi
mahasiswa.
Penyajian:
֍ Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis
materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.
֍ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.
֍ Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah
membaca uraian materi.
֍ Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang
dibahas.
Penutup, terdiri dari:
֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan
Akhir.
֍ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci
jawaban tes).
֍ Tindak lanjut.
Sesuai dengan kurikulum merdeka maka sistem pembelajaran memang mengacu pada kebutuhan siswa dan kesiapan belajarnya.Makanya dengan ada platform merdeka mengajar bisa menjadi acuan atau referensi pembelajaran .Dan kitapun bisa mengemas sendiri modul aja sesuai dengan kondisi lembaga masing -masing.
keereen...lengkap banget
ReplyDeleteMantap bun👍🏻
ReplyDeletemantap bu
ReplyDeleteMKSH SEMUA YANG SUDAH SINGGAH
ReplyDeleteMenulis itu harus dikuatkan denga niat mau menulis, segerakan merancang tulisan ya
ReplyDelete